Macam Jenis Kayu dan Kekuatannya

Kayu merupakan sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Sejak dulu, kayu termasuk bahan konstruksi yang sering digunakan sebelum manusia mengenal beton dan baja. Kayu termasuk bahan yang mampu bertahan terhadap goncangan gempa, alasan inilah yang membuat kebanyakan masyarakat Jepang lebih memilih menggunakan kayu sebagai bahan konstruksi rumah.

Selain bidang konstruksi, kayu digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia mulai dari transportasi, perabotan, perkakas hingga dekorasi. Masing-masing jenis kayu tentu memiliki pemanfaatan yang berbeda. Apakah Anda tahu perbedaannya? Berikut ini kami telah merangkum tentang jenis-jenis kayu dan kekuatannya, tetapi sebelum itu mari simak beberapa penjelasan yang dapat menambah pemahaman kita seputar kayu.

Kelebihan dari Sifat Kayu

Tahukah Anda bahwa setiap benda memiliki sifat khusus, termasuk juga kayu. Ada sifat fisik, kimia, akustik, resonansi, dan lain sebagainya. Dari berbagai sifat kayu terdapat kelebihan yang dapat membuat kayu semakin bermanfaat, baik untuk konstruksi bangunan maupun furnitur. Berikut beberapa sifat yang menjadi kelebihan kayu.

Sifat fisik kayu, salah satunya adalah daya hantar terhadap panas yang termasuk buruk. Oleh karena itu, kayu justru dimanfaatkan untuk barang yang membutuhkan penghambat aliran panas. Contoh yang sering Anda dijumpai adalah sebagai kombinasi peralatan memasak, seperti pegangan panci, wajan, hingga saringan.

Berdasarkan sifat kimia, pada beberapa jenis kayu terdapat senyawa seperti asam lemak, resin, dan lilin yang membuatnya tidak disukai hama ataupun serangga kayu. Pada umumnya, kayu juga mudah terbakar terutama dalam keadaan kering. Sesuai dengan kerapatan porinya, kayu bisa mudah terpengaruh dengan kelembapan dan suhu lingkungan.

Kayu memiliki sifat akustik dan resonansi yang membuatnya juga punya peran di bidang musik dan konstruksi bangunan. Sifat akustik kayu membuatnya bisa meneruskan bunyi dan mampu mengeluarkan bunyi nyaring saat dipukul. Hal ini sesuai dengan tingkat elastisitas dan frekuensi alaminya. Itulah kenapa kalau kayu yang berjamur akan mengeluarkan suara yang keruh karena telah kehilangan elastisitas.

Sifat resonansi kayu memungkinkannya untuk dimanfaatkan sebagai alat musik gitar, kendang, rebana, cajon, dan kalimba. Ukuran kayu mudah dibentuk untuk menentukan tinggi atau rendah suara yang akan dihasilkan. Sebaliknya, massa kayu tertentu juga dapat meredam suara sehingga dapat digunakan untuk panel pada lantai, dinding, dan atap. Kalau Anda merasa akustik ruangan terlalu bising maka bisa gunakan cara ini.

Mengenal Macam Jenis dan Kekuatan Kayu

Apa Anda tahu bahwa tidak semua jenis kayu cocok dimanfaatkan untuk hal yang sama? Misalnya antara kayu sebagai bahan konstruksi dengan furnitur tentu memiliki kriteria yang berbeda. Angka kekerasan kayu bisa mulai 160-1.000 Kgs/m3. Kayu memiliki beragam jenis yang dalam pemanfaatannya disesuaikan dengan sifat dan karakteristiknya. Untuk mengerti lebih jauh, berikut penjelasan tentang jenis-jenis kayu dan kekuatannya.

Kayu meranti yang memiliki nama latin Mahoni Filipina ini juga disebut sebagai kayu Kalimantan karena pohonnya banyak tumbuh di Pulau Kalimantan. Pohon meranti umumnya bisa mencapai tinggi 70 meter dengan diameter 4 meter. Kayu meranti memiliki tingkat kekerasan 580-770 kgs/m. Memiliki warna cokelat kemerahan dan tidak ada grain. Bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan dan furnitur.

Tahukah Anda apa kayu yang terkenal dengan wanginya? Ya, kayu yang menjadi bahan baku dupa, yaitu kayu cendana. Pohonnya tumbuh hanya sekitar 15 meter dengan diameter 30 cm. Meski tidak mudah dibudidayakan, jenis kayu ini memiliki banyak peminat hingga mancanegara. Mungkin hal itu pula yang membuat nilai jualnya relatif tinggi. Supaya tidak menghilangkan aromanya yang khas, produk kayu cendana biasanya tidak diberi coating.

Kayu jati, jenis ini sudah pasti sering terdengar di telinga kita. Sebagian besar pohon jati tumbuh subur di Pulau Jawa terutama di daerah panas. Kekerasan kayu jati berkisar 630-720 Kgs/m3. Kayu jati juga tahan terhadap rayap berkat kandungan minyak alami yang terkandung di dalam lapisan kayu. Kayu yang tersohor karena kekuatan dan kerapatan pori-porinya ini bahkan masih banyak dicari meski dalam kondisi bekas.

Jenis kayu yang memiliki kekerasan 725-900 Kgs/m3 adalah merbau. Pohon yang banyak ditemukan di Maluku dan Papua ini bisa setinggi 50 meter dengan diameter sekitar 2 meter. Kayu ini memiliki tekstur yang keras, jadi nggak heran kalau punya julukan kayu besi. Karena kekuatannya ini, kayu merbau tidak mudah dibubut ataupun dipaku. Kayu yang berwarna cokelat gelap atau kemerahan ini memiliki harga yang bersaing dengan kayu jati.

Pohon trembesi mudah tumbuh di daerah tropis dengan intensitas hujan yang tinggi. Tidak hanya mudah ditemukan di Pulau Jawa, tetapi juga di Sulawesi, Sumatra, hingga Nusa Tenggara. Trembesi bisa tumbuh mencapai 40 meter dan memiliki diameter sekitar 4,5 meter. Kayu trembesi hampir mirip seperti kayu jati, dari segi kekuatan berada di grade 3. Akan tetapi, trembesi tidak tahan dengan serangan rayap.

Trembesi, kayu yang biasa digunakan sebagai aksesoris ruangan karena memiliki motif serat kayu yang bagus. Karena karakteristik kayu yang lentur, trembesi dibentuk dengan potongan besar sebagai furnitur indoor. Sedangkan kayu jati dan merbau sama-sama bagus digunakan sebagai konstruksi bangunan. Khusus kayu jati, juga cocok untuk furnitur dan kerajinan apalagi dengan tambahan ukiran yang semakin meningkatkan nilai jual kayu jati.

Ada pula kayu mahoni yang pohon berdaun rimbunnya sering kita jumpai di tepi jalan. Pohonnya yang memiliki kekerasan 495-545 Kgs/m3 ini bisa mencapai tinggi 40 meter dengan diameter 125 cm. Kayu mahoni memiliki ciri berwarna merah, berpori kecil, serat kayu tidak terlalu tampak. Kayu mahoni tidak murah retak dan lebih lunak dari kayu jati sehingga lebih mudah diolah, dibengkokkan, hingga diampelas.

Dari uraian jenis-jenis kayu dan kekuatannya di atas mungkin Anda sudah bisa menyimpulkan kayu yang cocok untuk furnitur di rumah. Beragam perabot mulai dari kursi, meja makan, meja kerja, lemari, rak, tempat tidur, pintu, hingga aksesoris. Semua itu bisa Anda temukan di furnioo.com, kami menyediakan beragam perabot dari kayu seperti mahoni hingga jati yang dapat memperindah tampilan ruangan.

Produk kami diolah oleh tim berpengalaman dengan finishing halus dan cat yang tahan lama. Kami hanya menjual furnitur dengan kualitas kayu yang terbaik. Jangan-jangan mahal? Berkualitas kan tidak melulu mahal, kami pun tetap menawarkan harga yang sesuai untuk Anda. Kami tidak sembarang menjual furnitur kayu seperti pada umumnya di pasaran. Sebab kami ingin memenuhi kebutuhan akan kualitas tinggi dan ingin mencapai kepuasan Anda.

Untuk melihat contoh produk kami, Anda bisa melihat katalog melalui furnioo.com. Kami memberikan garansi dan free delivery dengan memenuhi pembelian tertentu. Kami telah memiliki cabang maupun workshop di beberapa provinsi untuk memenuhi kebutuhan pasar yang tak ada habisnya. Kami pun siap melayani pengiriman ke berbagai kota di Indonesia secara aman hingga sampai ke hadapan Anda.

The post Macam Jenis Kayu dan Kekuatannya appeared first on Furniture Jati Indonesia.

Subscribe for Product Sentral Furniture